Terjemahan dari Buku 'Information System' by Alter, Chapter Introducing Computer System

Ini tugas nerjemahin buku Information System nya Alter bab Introducing Computer System. Bagi yang memerlukan silahkan di copas, enjoy!


PENGANTAR SISTEM KOMPUTER


Komputer adalah suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Atau secara umum, komputer adalah piranti elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen yang terintegrasi yang bekerja dan melaksanakan suatu tugas berdasarkan data matematika dan logika. Komponen dan bagian-bagian utama dari komputer meliputi keyboard untuk memasukkan perintah, monitor untuk melihat proses hasil tugas, dan CPU atau central processing unit sebagai otak yang mengkoordinasikan berbagai instruksi dan hasil kerja.

Satuan Ukuran pada Teknologi Informasi
Bagian yang tidak bisa dihindarkan ketika dilakukan pembahasan mengenai hal-hal mendasar dari komputer  adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mendeskripsikan berapa ukuran dari sebuah data dan berapa kecepetan proses suatu data.

Satuan Ukuran pada Data
Salah satu bahasan penting yang ditanyakan ketika membahas mengenai suatu komputer adalah berapa banyak data yang bisa disimpan dan diproses. Ukuran pada data dideskripsikan dengan istilah bit, byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, dan terabyte. Bit adalah bilangan biner, 0 atau 1. 1 byte terdiri dari 8 bit, yang memiliki 256 kemungkinan kombinasi yang merepresentasikan 256 karakter yang berbeda, termasuk 10 angka bilangan (0, 1, 2, ..., 9), 26 huruf abjad kapital dan 26 huruf abjad non-kapital, juga karakter-karakter diluar angka dan huruf (:, ;, @, &, ...). Ukuran penyimpanan pada komputer diistilahkan dengan kilobytes, megabytes, gigabytes, dan terabytes.
         kilobytes (KB)       sekitar 103 (seribu) bytes
         megabytes (MB)    sekitar 106 (sejuta) bytes
         gigabytes (GB)       sekitar 109 (semilyar) bytes
         terabytes (TB)        sekitar 1012 (seribu milyar) bytes

Penggunaaan kilobytes dirasakan kurang akurat karena sebenarnya adalah 210 bytes = 1.024 bytes. Dan megabytes pun sama, sebenarnya adalah 220 bytes atau 1.048.576 bytes dan hal yang sama juga terjadi pada gigabytes dan terabytes. RAM pada PC pertama adalah dibuat dalam bentuk KB. RAM terus berkembang hingga sekarang penggunaannya menggunankan ukuran MB, seperti 128 MB atau 256 MB. Hardisk internal di masa sekarang ukurannya pun mencapai TB.

Satuan Pengukuran Waktu Pemrosesan
Karena komputer beroperasi pada kecepatan yang susah untuk dibayangkan maka unit waktu yang digunakan adakah pecahan dari detik.
        milisecond  ~> 10-3 (satu per seribu) detik
        microsecond  ~> 10-6 (satu per juta) detik
        nanosecond  ~> 10-9 (satu per milyar) detik
        picosecond  ~> 10-12 (satu per seribu juta) detik

Hardisk pada PC dapat mengakses data dalam 7 sampai 10 milisecond. Komputer dapat mengeksekusi intruksi bahasa mesin dalam hitungan microsecond. Kenop pemutar pada sirkuit semikonduktor bekerja dalam hitungan 200 picoseconds.

Satuan Ukuran pada Transfer Data
Transmisi data diukur dalam bits per second (bps) atau dalam ribuan atau jutaan bits per second (kbps atau mbps). Kecepatan transfer data pada kabel telepon dan kabel fiber optic tergantung dari medium yang dipakai dan kecepatan dari perangkat yang digunakan untuk enkripsi  dan de-enkripsi pesan. Modem yang umum digunakan pada PC  beroperasi pada 56 kbps sampai 1,5 mbps. Data yang melewati kabel fiber optic mencapai 100 mbps atau lebih. Para praktisi teknologi kerap menggunakan istilah ‘baud’ untuk bits per second. Baud menunjuk kepada kecepatan pergantian sinyal per detik. Jika sebuah perangkat hanya dapat mengirim sinyal on-off, ukuran kecepatan bits per second  setara dengan kecepatan baudnya.

Satuan Ukuran Kecepatan Waktu dan Frekuensi Transmisi
Hertz merupakan pengukuran untuk frekuensi. Transmisi data pada siaran radio berbeda-beda frekuensinya. Contohnya, Radio AM hanya dapat didengar sampai sekitar frekuensi 1 MHz, radio FM sampai 100 MHz dan transmisi satelit sekitar 10 GHz.
        Hertz (Hz)  ~> 1 rotasi per detik
        Kilohertz (KHz)  ~> 103 rotasi per detik
        Megahertz (MHz)  ~> 106 rotasi per detik
        Gigahertz (GHz)  ~> 109 rotasi per detik

Satuan Ukuran Kecepatan dalam Eksekusi Intruksi
Istilah MIPS, FLOPS, megaflops dan gigaflops digunakan untuk mendeskripsikan kecepatan dalam mengeksekusi intrusksi. MIPS merupakan singkatan untuk satu juta instruksi per detik. Biasanya digunakan pada konteks kalimat, “Mikroprosesor ini dapat beroperasi pada 500 MIPS.” FLOPS merupakan singkatan dari floating point per second. Penggunaan FLOPS digunakan untuk operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada angka desimal. FLOPS adalah satuan ukuran yang lebih akurat dari MIPS ketika bicara mengenai perhitungan komputer yang kompleks. Jutaan, milyaran dan trilyun FLOPS disebut juga megaflops, gigaflops dan teraflops.

0 comments:

Post a Comment


up