Resep: Ceker Masak Pedas (Banget)

Sebenernya mau ngelanjut nonton Covert Affairs tapi entah kenapa jari jemari nan lentik ini terus scrolling app Memo di Ace, trus kebaca catetan resep yang dibuat waktu merhatiin my Ummi yang lagi masak waktu pulang kemaren. Ini resep sungguh gampang, hmm at least menurut penglihatan gue :')


Yang perlu disiapin:
- Ceker yang sudah dibersihin sampe bersih (?) trus direbus, fungsinya biar empuk trus obat2 bekas suntikannya ilang. Tau darimana kalo obat suntikannya ilang? Ya gak tau gimana pokoknya direbus aja. Yang penting kita sudah ikhtiar! :)) Oh ya, ini pake 1/4 kg cekernya..
- Cabe rawit sesuai selera, waktu buat resep ini sih pake rawit ijo 10 biji, rawit merah 10 biji. Semuanya dipotong-potong. 
- Saus tiram 3 sendok makan
- Jahe 1 ruas, cincang halus
- Bawang putih 3 siung, cincang halus
- Bawang bombay 1 biji.
- Lada hitam 
- Minyak utk menggoreng, sekitar 5 sendok makan.
- Air, 3/4 cangkir

Cara membuat:
- Say bismillah first.
- Tuang minyak di penggorengan, tunggu sampai panas.
- Masukkan irisan bawang putih, bawang bombay, jahe, saus tiram. Tumis sampai harum.
- Masukkan irisan cabe, tumis sampai 30an detik ~
- Masukkan ceker, aduk rata. Tuangkan air. Kasih lada.
- Setelah puas mengaduk bumbunya merata, kecilkan api, biarkan 5 menit supaya bumbunya meresap.
- Sajikan

Ini masakan kalo menurut gue pas banget disajiin pas ngumpul bareng temen-temen. Makin pedes makin asyik. Waktu ummi masak ini di rumah, gue sama papa kan yang makan ber-2 wow sampe keluar air mata sangking pedesnya. Tapi yaa itu gak bisa berenti, abisnya enak sih haha.

Gue tau gak semua orang demen sama ceker. Gue bahkan pernah punya temen kosan yang takut sama ceker. Iya, takut. Dia kalo ngeliat ceker secara live, baik mentah ataupun udah diolah, langsung horror jejeritan gitu. Kesian ya, padahal ceker kan enak dan sehat kalo tau gimana cara ngolahnya. Gue pernah nonton di Arirang TV katanya ceker ayam ngandung zat yang namanya kolagen. Nah kolagen ini bagus buat kulit sama tulang. Nyegah osteoporosis juga ceunah. Subhanallah ya.. 

Oh ya, gue tegesin sekali lagi, pas gue nulis postingan ini gue belom pernah nyobain resepnya, tapi insyaAllah valid kok resepnya. Soalnya -as usually- gue selalu demen nemenin Ummi yang lagi masak sambil nanya2, trus langsung dicatet di handphone biar gak lupa. Mudah-mudahan di kosan baru yang ada dapurnya ntar gue bisa nyobain resep ini, enak banget eh soalnya, slurp *sambil ngebayangin rasanya*.

Nisaa.

1 comments:

Raja Kue said...

Terimakasih Artikel Resep: Ceker Masak Pedas (Banget)nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
Salam Resep Kue

Post a Comment


up