Mbah Jo

Saya lagi nonton The Voice season 4 episode 21, disitu ada salah seorang kontestan asuhannya Blake Shelton yang nyanyiin lagu "Grandpa (Tell Me 'bout The Good Ol' Days)". Saya dengar liriknya, wow kok bagus ya.. Simple yet beautiful. Pas digugling ternyata itu lagu jadul dari The Judds.


Grandpa, tell me 'bout the good old days 
Sometimes it feels like this worlds gone crazy 
Grandpa, take me back to yesterday 
When the line between right and wrong 
Didn't seem so hazy 

Did lovers really fall in love to stay 
And stand beside each other, come what may 
Was a promise really something people kept 
Not just something they would say 
Did families really bow their heads to pray 
Did daddies really never go away 
Oh, grandpa, tell me 'bout the good old days 

Ah saya jadi inget kakek di Samarinda, i call him "Mbah Jo". He really likes telling me story. Mostly about his old days. Kakek saya cerita bagaimana hidup di jaman Belanda masih menjajah, masa kemerdekaan, pun ketika Jepang masih menjajah. Bagaimana dulu ketika baru merdeka, dimana banyak teman-temannya yang memalsukan identitas dengan mengaku lulusan setara SMP/SMA agar dapat menduduki posisi pemerintahan, Mbah Jo tidak mau seperti itu. Mbah Jo tetap mengaku lulusan Sekolah Rakyat. Kata Mbah Jo, "Saya gak mau ngasi makan keluarga saya dari ketidakjujuran."

Yang saya ingat lagi dari Mbah Jo adalah di usianya yang menginjak 75 tahun ini Mbah Jo selalu ingin bekerja. Beliau gak pernah mau diam. Padahal semua anak-anaknya sudah mapan dan rutin memberi uang. Entah baikin sepeda orang (Mbah Jo punya bengkel kecil-kecilan), berkebun, ke pasar dan lain-lain. Saya jarang sekali melihat Mbah Jo santai di rumah. Padahal ibaratnya di usia yang sudah segitu wajar kan ya kalau stay di rumah, gak usah kerja.

Ah, saya kangen sekali sama Mbah Jo. Setiap kali nelpon, selalu saya speechless karena menahan tangis mendengar ucapannya. Ucapannya selalu berisi untaian doa dan harapan. Agar saya baik-baik disini. Agar saya menjaga hubungan baik dan selalu santun dengan tiap orang yang saya kenal. Agar saya giat belajar supaya bisa dapat kerjaan baik, supaya bisa berbakti kepada orang tua.. Ya Rabb, sungguh hamba rindu dengan Mbah Jo. Rabb, panjangkan umurnya.. Berikan kesehatan padanya.. Izinkan hamba untuk sempat membuat beliau bangga.. Mohon dengan sangat ya Rabb.. Kabulkan ya Rabb.. Aamiin.

Nisaa.

0 comments:

Post a Comment


up