Syirik Mameen!

Sabtu ini gue udah lumayan produktif, pagi2 udah meeting projekan dilanjut sama kajian pekanan rutin, yang selanjutnya bakal gue bilang melingkar. Tadi materinya tentang hal-hal yang membatalkan syahadat. Gue sejujurnya udah dapet materi ini beberapa kali. Dari melingkar pas SMA juga udah dapet. Gue gak komplain loh ini, gue sih senang2 aja. Selain jadi pengingat, pasti ada ilmu yang baru secara yang menyampaikan berbeda. Tadi juga makin menyenangkan soalnya pekan ini hafalan hadistnya pendek, hadist arbain yg ke 16, yang tentang jangan marah itu lho. Eniwei gue bakal menceritakan ulang yang gue dapet tadi pagi. Sekalian membiasakan buat nulis. Soalnya kata nurlembeng, menulis itu bisa karena biasa.

Kenapa sih mesti tau apa2 aja yang bisa ngebatalin syahadat? Supaya kita terjaga dari hal2 itu. Soalnya yang namanya manusia suka gak sadar.. Emang apa sih konsekuensinya kalo syahadat kita batal? Amal ibadah kita gak keterima, status kita sama dengan kafir. Sholat, shodaqoh, perbuatan baik gak bakal dianggap. Aaa gue merinding. Ini kayak anologi itu lho yang kalo muslim angka '1', amal2 baik kayak sholat, zakat, amal baik dll itu angka '0' nya. Biarpun seseorang itu amalan baiknya segimana tapi kalo dia gak muslim yaa useless, karena deretan angka '0' sebanyak apapun gak akan berarti kalau gak ada angka lain.

Jadiii apa sajakah hal2 yang membatalkan syahadat? Ini dia diantaranya.

[1] Bertawakal dan bergantung dengan selain Allah Swt.
Ini jelas, dalilnya ada di QS. Al Maidah ayat 23. Kita kan ya sebagai muslim yang berpendidikan tentunya sudah ngerti dong kalo minta tolong ke jin, atau ke paranormal alay itu gak boleh. Nah tapi tadi ada kalimat teteh gue yang ngena. Beliau bilang, "Syirik itu gak perlu pergi ke dukun, minum obat flu aja bisa syirik karena berharap sembuh kelar minum obat itu. Padahal kesembuhan kan dr Allah Swt, minum obat cuma bagian dari ikhtiar." Wooow ngena banget. Kita suka gitu gak sih? *Kita? Lo aja kali nis* Sering banget gak melibatkan Allah Swt dalam urusan (yang keliatannya) remeh temeh. Labelnya pun gak main2, syirik! Astaghfirullah.. Huaa reminder banget ini buat selalu melibatkan Allah Swt dalam tiap urusan, terutama pas baru akan melakukan. Di niat selalu libatkan Alloh Swt. Di buku Al Islam karangan siapa-ya-hmm-entar-deh-ditanyain-dulu, mengingkari sebab itu kafir, meanwhile meyakini sebab2 itu memiliki pengaruh sendiri itu syirik.

[2] Mengingkari nikmat Allah Swt baik yang terlihat maupun tidak.
Nah kalo yang ini buat yang suka meng-aku-kan dirinya tiap ada keberhasilan. Lupa kalau berhasil/sukses itu nikmat dari Allah Swt. Don't forget to say hamdalah for every easyness or achievement you get.

[3] Melakukan sesuatu karena selain Allah Swt.
Ini setipe kayak poin nomer [1]. Gak melibatkan Allah Swt dalam niat tanpa sadar syahadat batal..

Udah segitu aja yah. Mau baca buku nih, tadi dapet pinjeman buku bagus yang sangat menggoda buat dilahap akhir pekan ini. Ohya mudahan entar sore gak hujan (dan guenya gak mager), pengen jogging euy.. Oke, have a nice and productive weekend everybody!

Nisaa.

0 comments:

Post a Comment


up