Update (Film) November

Bandung sekarang lagi hujan nih, malah udah 5 hari ini tiap hari hujan terus. Gak cuma Bandung, Jakarta Jogja Semarang juga sama. Kata di koran sih Indonesia memang sudah mulai memasuki musim penghujan. Alhamdulillah.. Seneng deh kalau hujan gini, bisa sering2 berdoa. Kan saat hujan turun itu termasuk waktu mustajab (terkabul) nya do'a. Selain itu kamar gue jadi super sejuk asik gitu, berasa pake ac.


Eniwei, mumpung lagi nganggur -karna biasanya jogging di sabuga, tapi karna hujan jadi libur dulu- gue mau update. Ini film2 yang gue tonton beberapa hari ini..

[1] About Time (2013)
Gue awal november kemaren nonton film ini di blitz pvj, About Time. Beuh ini film super bagus! Rasanya gue lamaaa banget gak nonton film drama-komedi romantis yang digarap sebagus itu. Gak heran sih secara ini creatornya sama kayak yang buat Love Actually sama Notting Hill. Gosh, how i love those movies!


Ini ceritanya tentang Tim (Domhnall Gleeson), cowok standar super biasa yang di umur ke 21 doi dikasih tau sama ayahnya kalau cowok di keluarga mereka punya kemampuan istimewa, bisa menjelajah waktu. Di perjalanan hidupnya si Tim ini ketemu and falling in love sama Mary (Rachel McAdams). Oh ya settingnya ini di Inggris, di Cornwall sama London. Pas pertama gue liat Tim gue langsung kebayang sama Weasley Brothers di film Harry Potter. Rambut merahnya itu lho.. Pas gue cek di imdb, ternyata bener si Domhnall ini yang jadi Bill Weasley.

Sebenernya cerita cowok yang bisa menjelajah waktu ini bukan hal baru, sebelumnya ada Time Traveler's Wife (2009). Novel laris yang akhirnya difilmkan tahun 2009 dan baru gue tonton 5 hari lalu. Abis ini gue ceritain. Eniwei  gue sukaaaa banget About Time. Alurnya emang agak datar, minim konflik; tapi gak ngebosenin. Lo gak perlu mikir nontonnya. So sweet and simple, yet you get something in the end. Iya, sebagus itu :) With heart touching soundtracks and perfectly cast actor, i strongly recommend this movie! Watch it with your loved ones :)


How long will I love you
As long you as starts are above you
And longer if I can
How long will I need you
As long the seasons need to
Follow their plan

Rating: 9/10


[2] The Time Travelers Wife (2009)
Jadi kan ya gue nonton film ini gegara abis nonton About Time trus gugling, eh banyak yang membandingkan sama film ini, The Time Traveler's Wife. Apalagi castnya si Rachel McAdams main di 2 film ini dan karakter mereka sama, yaitu jadi istri si Penjelajah waktu. Gue waktu dulu kayaknya pernah deh nonton film ini, sekitar tahun 2010an gitu. Tapi kok kayaknya waktu itu gue berasa biasa aja, secara nontonnya gak bener. Dicepet2in. Hehe maklum aja waktu tahun itu gue lagi seneng2nya nonton series yang alurnya cepet trus dengan durasi 20-40 menit udah kelar. Gue baru bener2 bisa mengapresiasi film itu yaa di awal tahun ini, 2013 :p


Time Traveler's Wife (TTTW) berkisah tentang Henry (Eric Bana) yang punya penyakit genetik, yaitu bisa menjelajah waktu. Naah si Henry ini menjelajah waktu nya gak bisa dikontrol, tiba2. Si Henry ini nikah sama Claire (Rachel McAdams) wanita yang sudah kenal Henry karna sudah rutin dikunjungi oleh Henry dewasa sejak Claire masih kecil. Konfliknya berkisar seputar pernikahan mereka, dari Claire yang kesepian karna sering ditinggal "travelling" sama Henry sampai Claire yang ingin punya anak tapi tidak didukung oleh Henry karena takut anaknya punya kelainan genetic yang sama.

TTTW diangkat dari novel best seller berjudul sama tahun 2003 karangan Audrey Niffenegger. Gue belom pernah baca novelnya. Tapi yah dari komen2 di goodreads, katanya novelnya lebih bagus, lebih emosional dari filmnya. Nah lho, gue aja nonton film ini feelnya udah dapet banget. Pemilihan castnya bagus. Alur nya pun biarpun maju mundur, tapi cukup mudah buat dipahami. Strongly recommended! Ohya, produser film ini Brad Pitt loh *terus? Haha ya gakpapa, gue seneng aja kalo nonton film trus pas liat credit cast sama man behind the scene gue familiar~

Rating: 8,5/10

[3] English Vinglish (2012)
Gue pikir abis 3 Idiots, gak ada lagi film india yang bagusnya sampai mengguncang (?) Gue sebenernya gak minat sama sekali, donlotnya pun karna disuruh temen. Film ini akhirnya gue tonton gegara gue males tiap buka folder "Not Yet Watched" di hardisk eksternal selalu ada film ini. Akhirnya di suatu sore gue tontonlah film ini.


English Vinglish ini berkisah tentang seorang istri dan ibu rumah tangga di India, Shashi Godbole (Sridevi) yang ngerasa insecure karena selalu diperolok oleh suami dan anaknya karena gak bisa bahasa Inggris. Ibu Shashi ini tipikal ibu rumah tangga india yang cenderung diem, keluarga-oriented, dan cekatan. Sebenernya gak ada masalah yang serius di hidup Ibu Shashi, namun perlakuan anggota keluarganya ke dia yang secara verbal gak menghargai dan agak merendahkan. Dari mulai suaminya yang terlalu menomorsatukan pekerjaan kantor, yang selalu menganggap remeh dan bilang kalau itu memang pekerjaan seorang Ibu setiap Ibu Shashi bercerita tentang masalah yang terjadi di rumah. Tapi Ibu Shashi gak terlalu mempermasalahkan hal ini. Sampai suatu hari keluarganya yang di Amerika ada yang nikah dan ngundang Ibu Shashi sekeluarga buat ke New York. Daaan Ibu Shashi mesti berangkat sendirian buat membantu lalalili pernikahan, suami dan anak2nya bakal nyusul sebulan kemudian.


Nah! Disinilah keseruan dimulai. Dimulai dari perjalanan di pesawat dengan cameo Amitab Bachan yang duduk sebelahan sama Ibu Shashi. Dilanjutkan dengan Ibu Shashi secara diam2 di New York ngambi kursus singkat bahasa Inggris dan bersahabat dengan sesama peserta kursus dari berbagai ras. Ceritanya membumi banget deh. Dialog nya lucu dan mengalir. Akting cast2 lainnya pun bagus. Menghibur. Buat yang gak terbiasa nonton film india pun menurut gue bisa menikmati film ini. Gak ada adegan nyanyi dan nari lebay khas India di film ini.

Sridevi sebagai pemeran utama di film ini menurut gue sangat patut buat dapet award. Aktingnya baguuus banget. Sangking bagusnya sampe gue kepoin, ternyata oh ternyata Sridevi di film ini comebacknya dia ke industri film India setelah 15 tahun vakum. Doi vakum karena fokus ngurus keluarga gitu. Gue familiar sih sebenernya sama Sridevi ini, secara waktu gue kecil mba yang ngasuh gue demen bener nonton film India, nah Sridevi ini disebut2 sebagai versi ceweknya Amitab Bachan. Intinya dia aktris super terkenal dan dihormati lah di India sana. Dulu waktu Sridevi pas muda, Stephen Spielberg sempet ngajakin Sridevi buat main di film di Jurassic Park tapi ditolak hoho.

Eniwei, film ini bikin gue jadi refleksi *bukan pijet*. Selama ini gue ke Ummi gimana ya. Bisa jadi selama ini tiap berinteraksi atau tiap Ummi nanya apaa gitu ke gue, cara gue menjelaskan seakan2 gue yang paling paham segalanya, ngerasa menjadi manusia paling modern, tanpa sadar intonasi meninggi dan ternyata ada hati yang tersakiti.. Astaghfirullah..
This marriage is a beautiful thing. It is the most special friendship. Friendship of two people who are equal. Life is a long journey. Meera, sometimes you will feel you are less. Kevin, sometimes you will also feel you are less than Meera. Try to help each other to feel equal. It will be nice. Sometimes... Married couple don't even know how the other is feeling. So... how they will help the other? It means marriage is finished? No. That is the time you have to help yourself. Nobody can help you better than you. If you do that... you will return back feeling equal. Your friendship will return back... Your life will be beautiful. 
Meera... Kevin... Maybe you'll very busy... but have family... son... daughter. In this big world... your small little world, it will make you feel so good. Family... family can never be... never be... never be judgemental! Family will never... put you down... will never make you feel small. Family is the only one who will never laugh at your weaknesses. Family is the only place where you will always get love and respect. That's all Meera and Kevin... I wish you all the best. Thank you. [Shashi Godbuli]
 Rating 8,5/10

-------------------------------------------------------------------

Why do you watch a movie? For me it's to laugh, to be in awe, to cry, to be moved, to be amused in a gentle way. Those movie above, did to me in all those ways. I strongly recommend it. Btw, masih hujan nih. Apakah ini isyarat alam supaya gue malem ini makan indomie kuah?

Nisaa.

0 comments:

Post a Comment


up