3 Idiots, Tuan Takur, dan Rekomendasi Film Bollywood Seoke 3 Idiots

Barusan gue sama seorang temen telponan asik gitu, gak tau gimana kita jadi ngebahas 3 Idiots. Iya, itu film emang tahun 2009 tapi sampai sekarang setiap inget film itu bikin hati jadi hangat, karna film ini -biarpun sekarang udah 2014- tetep berasa kerennya. Gue sama temen gue ini sama-sama suka nonton film, terutama film yang gak cuma mengedepankan aspek hahahihi tapi juga ada pesan moralnya.

"Chase excellence, success will follow."
Trus sampailah kita mencapai kesepakatan kalo film india itu gak cuma soal joget tarian dan cerita cinta cheesy yang penjahatnya Tuan Takur trus semua polisi India itu korup kecuali Inspektur Vijay yang berani ngelawan semua penjahat termasuk Tuan Takur tanpa rasa takut, hidup Inspektur Vijay! Btw, gue pernah baca artikel waktu dulu di BBC online. Beritanya ada di segmen Sosial-Politik Asia. Artikel itu bilang kalau tema film India tahun 80 sampai 90-an yang punya tema universal: penjahat yang dikalahkan oleh pahlawan.

Di film-film tersebut selalu digambarkan kalau institusi polisi di India adalah institusi korup yang oknum di dalamnya juga bejat, bermoral rendah, suka kong-ka-li-kong dengan pengusaha/politisi jahat, dan mereka juga bertindak sewenang-wenang sama rakyat kecil.

Si polisi-polisi ini bukan tokoh antagonis, mereka masih semi antagonis. Sosok antagonis yang hampir selalu muncul di tiap film tahun itu adalah Tuan Takur. Tuan Takur ini digambarkan berwatak bengis, jahat dan memiliki berbagai macam bisnis ilegal itu selalu memperalat polisi untuk melindungi kejahatannya. Dengan uang yang dimilikinya, Tuan Takur menyuap polisi.

Parahnya, para polisi bermental bejat itu bukannya menolak, mereka malah patuh dan menerima suap dari Tuan Takur. Kejahatan yang dilakukan Tuan Takur pun tak tersentuh. Padahal, ia kerap menindas rakyat kecil dan kerap merampas tanah warga.

Namun, gak ada polisi yang berani menangkapnya, karena Tuan Takur ini udah menguasai kalangan petinggi kepolisian. Meski menggambarkan polisi korup, film-film India itu juga menampilkan satu sosok polisi jujur yang berani menumpas polisi korup. Sosok itu bernama Inspektur Vijay. Jengjeng! Dengan gagah berani, Inspektur Vijay melawan para polisi korup dan menumbangkan kekuasaan Tuan Takur. 

One Day One Ayat


Usia 3 tahun, gak punya mata, tinggal di lingkungan konflik, tapi sangat semangat buat menghafal juz amma.. Sementara kita? Sudah dewasa, anggota tubuh lengkap,, lingkungan aman, sudah punya smartphone yg bisa download app alquran tapi hafalan Quran jangan-jangan masih sama kayak pas sd.. Gak nambah2.

Mumpung masih awal taun, buat target yuks: target ngapalin Quran. Terserah mau per minggu berapa ayat, atau sebulan 1 surah, atau ini yang disarankan: 1 hari 1 ayat jadi gak berat..

Main game flappy bird berpuluh2 menit aja betah, masa berapa menit sehari buat ngulang 1 ayat yg sama gak sanggup? Yuk fastabiqul khoyrot ♥

up