3 Idiots, Tuan Takur, dan Rekomendasi Film Bollywood Seoke 3 Idiots

Barusan gue sama seorang temen telponan asik gitu, gak tau gimana kita jadi ngebahas 3 Idiots. Iya, itu film emang tahun 2009 tapi sampai sekarang setiap inget film itu bikin hati jadi hangat, karna film ini -biarpun sekarang udah 2014- tetep berasa kerennya. Gue sama temen gue ini sama-sama suka nonton film, terutama film yang gak cuma mengedepankan aspek hahahihi tapi juga ada pesan moralnya.

"Chase excellence, success will follow."
Trus sampailah kita mencapai kesepakatan kalo film india itu gak cuma soal joget tarian dan cerita cinta cheesy yang penjahatnya Tuan Takur trus semua polisi India itu korup kecuali Inspektur Vijay yang berani ngelawan semua penjahat termasuk Tuan Takur tanpa rasa takut, hidup Inspektur Vijay! Btw, gue pernah baca artikel waktu dulu di BBC online. Beritanya ada di segmen Sosial-Politik Asia. Artikel itu bilang kalau tema film India tahun 80 sampai 90-an yang punya tema universal: penjahat yang dikalahkan oleh pahlawan.

Di film-film tersebut selalu digambarkan kalau institusi polisi di India adalah institusi korup yang oknum di dalamnya juga bejat, bermoral rendah, suka kong-ka-li-kong dengan pengusaha/politisi jahat, dan mereka juga bertindak sewenang-wenang sama rakyat kecil.

Si polisi-polisi ini bukan tokoh antagonis, mereka masih semi antagonis. Sosok antagonis yang hampir selalu muncul di tiap film tahun itu adalah Tuan Takur. Tuan Takur ini digambarkan berwatak bengis, jahat dan memiliki berbagai macam bisnis ilegal itu selalu memperalat polisi untuk melindungi kejahatannya. Dengan uang yang dimilikinya, Tuan Takur menyuap polisi.

Parahnya, para polisi bermental bejat itu bukannya menolak, mereka malah patuh dan menerima suap dari Tuan Takur. Kejahatan yang dilakukan Tuan Takur pun tak tersentuh. Padahal, ia kerap menindas rakyat kecil dan kerap merampas tanah warga.

Namun, gak ada polisi yang berani menangkapnya, karena Tuan Takur ini udah menguasai kalangan petinggi kepolisian. Meski menggambarkan polisi korup, film-film India itu juga menampilkan satu sosok polisi jujur yang berani menumpas polisi korup. Sosok itu bernama Inspektur Vijay. Jengjeng! Dengan gagah berani, Inspektur Vijay melawan para polisi korup dan menumbangkan kekuasaan Tuan Takur. 
Naaah inti artikel BBC itu, cerita polisi korup dalam film-film India menjadi salah satu cara publik India untuk mengkritisi tingkah bejat polisinya pada saat itu yang memang kondisinya sebelas dua belas sama yang digambarkan di film. Eh terus Indonesia ada gak ya kritik model gini.. Aha! Ada ketang! Eta.. si Iwan Fals kan suka yah nyanyi lagu yang liriknya nyindir penguasa.. Terus Ebith G. Ade.. 

Errr tadi sampai mana oh iya, the point is: bagi kalian yang sangat mengapresiasi film 3 Idiots, sepertinya perlu mencoba nonton list film di bawah. Yang gue udah nonton bakal gue kasih komen:
  • Lagaan (2001)
  • Munnabhai M.B.B.S (2003)
  • Black (2005)
  • Rang De Basanti (2006)
  • Don (2006)
  • Fanaa (2006)
  • Lage Raho Munnabhai (2006)
  • Taare Zameen Par (2007)
  • Chak De! India (2007)
  • Rock On!!! (2008)
  • Race (2008)
  • Udaan (2010)
  • My Name Is Khan (2010) --> Yep, film ini bagus! Semacam 3 Idiots tapi temanya lebih ke humanisme. Recommended!
  • No One Killed Jessica (2011)
  • Zindagi Na Milegi Dobara (2011) --> Gue udah nonton barusan, errr gue sih gak suka. Ceritanya gak bergejolak, capek nontonnya! Tapi terserah sih, selera kan beda-beda~
  • Don 2 (2011)
  • Kahaani (2012) --> Ini film thriller India terbaik yang pernah gue tonton! Berasa film hollywood. Pengambilan gambar, alur cerita, karakter tokoh.. bener-bener gak terduga. Recommended!
  • Talaash (2012)
  • Agneepath (2012)
  • English Vinglish (2012) --> Film ini baguuuuus. Nontoooooon! Recommended for sure!
  • OMG Oh My God! (2012) 
  • Special 26 (2013)
  • Table No. 21 (2013)
  • Madras Cafe (2013)
  • Bhaag Milkha Bhaag (2013)
List film di atas disebutin sama temen gue, dia udah nonton semuanya. Jam terbang temen gue ini dalam bidang perfilman India memang luar biasa, patut diacungi jempol. Katanya lagi, kalo gak percaya sama film rekomendasi dia, bisa cek rating sama review di imdb. Gaul gak sih doi? Tapi sekali lagi, selera orang beda-beda. Tapi buat yang emang lagi nyari film India seoke 3 Idiots gak ada salahnya buat nyoba nonton film di list atas. Don't judge a film by old paradigm. First try and comment then. it's far better and fair :)

All iz well,

Nisaa.


0 comments:

Post a Comment


up